I’tikaf atau Membantu Orangtua? (MA3: Pertanyaan)

Pertanyaan:
Assalamualaikum Ustadz.. Sy mau nanya.. Mana yg lbh utama antara itikaf di mesjid pd 10 hr terakhir Ramadhan atau bantu org tua di rmh?? Mhn penjelasannya. Syukron

Jawaban
Wa’alaikumsalam
Jangan suka mempertentangkan amal baik. Lakukan optimal utk keduanya
Kalau dimenej dg baik urusan bantu orangtua bisa selesai sblm 20 Ramadhan bahkan orangtua kemudian ikut i’tikaf bersama kita
Tapi kalau udah tanggal 26 Ramadhan ya gimana lagi..
Saran saya segera tuntaskan urusan membantu orangtua lalu ke Masjid
Setelah ke Masjid lalu orangtua memanggil lagi maka bantu ortu lagi setelah selesai langsung ke Masjid lagi
Intinya optimalkan keduanya dan niatkan ibadah utk keduanya
Intinya kita tunjukkan ke Alloh dg segala keterbatasan kita kita tetep ingin optimal melaksanakan sunnah i’tikaf. Kita tunjukkan ke Alloh kalau kita anak yg berbakti
Wallohu a’lam

Pertanyaan Lanjutan:
berarti kl yg sy tangkep, kl kondisi bentrok gitu.. Bantu org tua lbh didahulukan ya??
Klo sy ga salah, bantu ortu hukumnya wajib sdgkn itikaf adlh sunnah muakad?? Begitukah ustadz??

Jawaban:
Bantu orangtua didahulukan sambil memperbanyak dzikir kepada Alloh dan menyesali berkurangnya waktu i’tikaf.
Bukan menyesal membantu orangtua ya. Berbeda itu..
InsyaAlloh itu jenis penyesalan yg mengundang rahmat Alloh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s