Tentang Mengeluh

Berikut adalah tausyiah yang disampaikan oleh Selfi Indriani pada Minggu, 26 Mei 2013:

Assalamu’alaykum
Teman-teman, pernah ngitung gak kira-kira dalam satu hari teman2 ngeluhnya ada brp kali? Saya pernah ! hehe dan ternyata lumayan banyak juga keluhan2 yang keluar dari mulut saya dalam satu hari itu, sampai akhirnya saya menantang diri sendiri buat one day no grumblings🙂

Sebenarnya mengeluh itu apa sih ? kalo yang saya dapet definisi mengeluh itu adalah ungkapan ketidaksepakatan atau penolakan kita kepada ketetapan Allah Swt yang terjadi dalam kehidupan kita, baik di dalam hati ataupun yang udah diungkapin.

Bentuk keluhan ini sangat bervariasi, mulai dari yang sangat sederhana seperti : “ Duuh panas banget sih ini jadi males ngampus” atau “Kenapa sih ini kerjaan gue gak ada abis-abisnya”, hingga hal yang kompleks seperti keadaan kesehatan ataupun keadaan ekonomi. Allah SWT berfirman :

Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh-kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah. Dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir. (QS.70: 19-21)

Bener banget ya ? Manusia ini memang rajin sekali mengeluhnya. Tapi ya, kalo kita rasakan lagi, apa dengan mengeluh kita serta merta akan terbebas dari permasalahan? Sepertinya tidak ya, bahkan dengan mengeluh rasanya hanya akan membuat kita semakin sakit hati, capek, gelisah, melemahkan iman, dan pada akhirnya akan membuat kehidupan kita tidak tenang. Dengan mengeluh, kita sama saja telah menyangsikan kekuasaan Allah, karena secara tidak langsung hal itu menandakan buruknya persangkaan kita pada Allah.Satu lagi, mengeluh juga akan membuat kita lengah dan lupa bersyukur dengan apa yang sudah kita dapatkan.

Oya, tidak mengeluh atau merahasiakan keluhan atas musibah yang terjadi atas diri kita merupakan sebuah keutamaan loh teman-teman. Berikut haditsnya :

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “ Allah Swt berfirman ,” Jika Aku menimpakan musibah kepada hamba-Ku yang mukmin, lalu ia tidak mengeluhkan Aku kepada para penjenguknya, maka Aku akan melepaskannya dari tawanan-Ku, kemudian Aku gantikan kepadanya daging yang lebih baik daripada dagingnya dan darah yang lebih baik daripada darahnya, kemudian ia akan memulai pekerjaan.” (HR Hakim-Baihaqi)

Rasulullah Saw bersabda: “Ada tiga hal yang termasuk pusaka kebajikan, yaitu merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah dan merahasiakan shadaqah”. (HR. Ath-Thabrani)

Karena mengeluh dan efek negatifnya itu menular dan juga menyebar loh teman-teman, ngebuat orang-orang yang denger keluhan kita ikutan pusing dan penuh dengan hawa negative. Pernah gak sih sebel kalo sedang berinteraksi dengan orang yang hobinya ngeluuh mulu ? Nah menurut penelitian dari Blake (2011), terlalu sering terekspose dengan orang-orang yang suka mengeluh itu akan membuat individu jd “bodoh” karena keluhan tersebut akan mempengaruhi neuron2 yang ada di hipokampus.

Akhir kata, dalam hidup ini, pasti selalu ada suatu hal yang bikin kita mengeluh. Namun, pilihan untuk mengeluh atau tidak itu ada di tangan kita. Dari pada terus-terusan mengeluh, mending kita banyak banyakin bersyukur yok :))

wassalamu’alaikum

*cipi

Semoga Bermanfaat.

Salam Positif & Optimis!😀
DiniAnnisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s