Tentang Basmalah dalam Wudhu (MA3: Pertanyaan)

Wudhu [ MA3: Pertanyaan]

 

Pertanyaan:

Mau nanya mengenai tausiyah diatas: “Tidak ada wudhu bagi orang yg tidak menyebut nama Allah (membaca basmalah).” (HR. Abu Dawud dan dishahihkan oleh Al-Albani). Itu klo kita lupa membaca bismillah atau lafadzh Allah sblum wudhu, hukumnya bgmn ya?

 

Jawaban:

 

Ulama berselisih pendapat tentang hukum membaca basmalah ini. Ada yang berpendapat wajib, ada pula yang berpendapat sunnah.

 

Mereka yang berpendapat wajib di antaranya Ishaq bin Rahawaih, mazhab Dzhahiriyah, salah satu riwayat dari al-Imam Ahmad1, al-Hasan al-Bashri, Abu Bakar serta asy-Syaukani rahimahumullah (Tamamul Minnah, hlm. 89, al-Mughni, 1/73) dengan dalil yg di atas tadi..

 

Menurut pendapat ini, apabila ada orang yang meninggalkan membaca basmalah dengan sengaja, maka tidak sah wudhunya karena ia meninggalkan perkara yang wajib dalam wudhu. Namun apabila ia tidak mengucapkannya karena lupa atau meyakini tidak wajib, wudhunya tidak batal. (al-Majmu’, 1/387)

 

Al-Imam asy-Syafi’i  berkata, “Aku menyenangi bagi seseorang untuk menyebut nama Allah saat hendak berwudhu. Bila ia lupa, maka ia mengucapkannya ketika ingat selama ia sedang menunaikan wudhunya. Bila ia meninggalkan tasmiyah (basmalah) karena lupa atau sengaja, maka tidak akan merusak wudhunya, insya Allah.” (al-Umm, 1/31)

 

RT Indri. Tapi tak usahlah berselisih. Banyaklah membaca basmalah. Tak akan rugi. Apalagi kalau menghapus keraguan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s