Muhajirin – Anshor 3 : Pertanyaan

Pertanyaan:
D: Assalamu’alaikum warrohmatullahi wabarrokatuh.

Ustadz dan teman-teman, saya punya 2 pertanyaan, mohon penjelasannya:

Pertanyaan 1.)

Pada malam hari ketika bulan ramadhan di mushola2 biasanya setelah sholat tarawih berjamaah langsung dilanjutkan dengan sholat witir berjamaah. Kemudian jamaah sholat pulang ke rumah masing2. Di beberapa tempat pada 10 malam terakhir di hari ganjil juga diadakan sholat sunah tasbih berjamaah pada tengah malam. Pertanyaannya adalah apakah sah apabila melaksanakan sholat tasbih berjamaah setelah sebelumnya melaksanakan sholat witir? Seperti yang pernah ditemui, imam sholat tarawih, witir dan sholat tasbih juga sama di 1 malam tsb, tetapi beliau melaksanakan sholat witir terlebih dahulu.

Pertanyaan ke-2.)

Kondisi 1:
Suatu ketika saat sedang melaksanakan sholat wajib sendirian di masjid krn sholat berjamaah telah lama usai, niat dari awal juga sholat sendiri. Tiba2 setelah melakukan takbir dan tengah membaca doa iftitah, datang 2 org yg menepuk pundak, kmudian berdiri di samping kanan & kiri lalu mengikuti gerakan sholat saya. Apabila itu artinya saya menjadi imam bagi mereka, apakah bacaan takbir2 saya selanjutnya harus dikeraskan hingga mereka berdua mendengar?

Kondisi 2:
Jika suatu ketika saya sholat sendiri di masjid dan berniat melaksanakan sholat sunnah: tahiyatul masjid, sunnah wudhu, atau rawatib misalnya, kemudian datang orang lain yang menepuk pundak & tiba2 mengikuti gerakan sholat. Bagaimana dengan sholatnya? -> *bingung sendiri yg ini*

Terima kasih atas penjelasannya.
—————————————————-
Jawaban:

I: kondisi 1: iya, suara takbir selanjutnya dikeraskan.

I: Kondisi 2: artinya niat sholat kita beda sama yang nepuk pundak kita kan? Jadi kita sholat sunnah, mereka sholat wajib. Ada dua pendapat, pertama yaudah gakpapa jamaah toh tidak ada perbedaan dalam rukun sholatnya. Lagipula, dulu di jaman Rasul, ada seorang sahabat yang datang ke masjid ketika Rasul dan yang lain sudah selesai sholatnya. Setelah itu, Rasul bilang ke sahabat, adakah yang bersedia bersedekah dengan menemani si Fulan sholat, lalu seorang sahabat pun berdiri dan menemani si Fulan sholat. Si Fulan sholat wajib sedangkan sahabat sholat sunnah dengan niat menemani.

Sahabat tersebut adalah Abu Bakar. Tapi, pendapat kedua bilang kalau misalnya kita ga mau berjamaah karena beda niat sholat juga gapapa, cukup bergeser atau kasih tanda2 lainnya kalau kita sedang sholat sunnah, bukan sholat wajib, hoho.

F: Tanda *lambai tangan seolah say “No”

I: Kalau pertanyaan pertama, aku juga pernah nanya ke kakak mentor, kalau kakak mentor bilang gakpapa ntar nyampe rumah tinggal dilanjutkan dengan sholat tahajjud atau sholat tasbih, setelah sebelumnya sholat witir jamaah di masjid, hehe tapi kalau yang ini aku ga berani jamin jawabannya, hehe. Kalau pertanyaan yang sebelumnya, itu ada di Fiqh Sholat, hehe.

A: *sambil nunggu jawaban pak banu, mau ikut nimbrung.. Boleh melakukan sholat sunnah setelah witir menurut jumhur ulama’. Kondisi pertama hilda jadi imam. Kondisi kedua sama spt kondisi pertama, gpp diteruskan aja sholat sunnahnya. Yg dibelakang jg gpp mengikuti krn disamping ketidaktahuannya jg krn tata cara sholatnya masih sama. Yg tidak boleh adl bila tata cara sholatnya berbeda, misal imam sholat jenasah eh makmumnya niat sholat dhuhur.

Pak Banu Muhammad: Pertanyaan 1: bahkan saya termasuk yg mendukung pendapat bahwa sholat tasbih di malam ganjil bukan sunnah. Cukup tarawih dan witr.

Tdk ada masalah sholat sunnah lain setelah witr. Witr bisa dilakukan sebelum tidur. Bisa juga menjelang fajar menutup QL

Semangat beribadah ya. Ibadah adl obat terbaik bagi hamba yg banyak ma’shiatnya.

Khususnya ibadah sunnah utama semacam QL, witr, tilawah dan shoum sunnah

N: Mau nyambung pertanyaan D dikit, jd kalo misalnya kita masbuk, tp terus ada yg nepok pundak & ngikutin gerakan shalat kita jg gapapa, kita nerusin shalat sbg imam? Pdhl kan sebelumnya kita makmum juga

Pak Banu Muhammad: Gak papa n, InsyaAlloh

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s